Search

Apple Beli Bisnis Modem Intel Corp Senilai 1 miliar dolar AS - Republika Online

Kesepakatan dengan Intel akan mendukung Apple membuat chip modem sendiri.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Apple Inc mengambil langkah besar dalam memasok chip smartphone dengan membeli sebagian besar bisnis modem Intel Corp. Pembelian itu tertuang dalam kesepakatan senilai 1 miliar dolar AS.

Berdasarkan kesepakatan yang dirilis pada Kamis (25/7), sekitar 2.200 karyawan Intel akan bergabung dengan Apple, bersama dengan properti intelektual, peralatan, dan sewa. Dikombinasikan dengan portofolio yang ada, Apple akan memiliki 17 ribu paten teknologi nirkabel, mulai dari standar komunikasi seluler hingga modem. Hal ini akan menjadikannya pemain yang lebih kuat dalam pembicaraan perizinan global yang kemungkinan akan terjadi antara pemegang paten 5G utama seperti Huawei Technologies Co Ltd.

Saham Intel naik 5,7 persen menjadi 55,05 dolar AS setelah berita dan laporan perusahaan bahwa labanya mengalahkan ekspektasi analis. Saham Apple naik tipis 0,1 persen menjadi 207,29 dolar AS. Setelah kesepakatan, Intel akan memiliki hak untuk mengembangkan modem untuk aplikasi non-smartphone, seperti PC, peralatan industri, dan mobil self-driving.

Chip modem menghubungkan perangkat seperti iPhone ke jaringan data nirkabel, tetapi Apple selalu mengandalkan pemasok luar untuk komponen tersebut. Intel memposisikan dirinya sebagai satu-satunya sumber chip modem iPhone selama setahun terakhir setelah Apple terlibat dalam perselisihan hukum yang berkepanjangan dengan pemasok sebelumnya, Qualcomm Inc, atas praktik lisensi paten Qualcomm.

Cupertino, Apple yang berbasis di California mencapai penyelesaian mengejutkan pada bulan April yang mengatakan iPhone untuk sekali lagi menggunakan chip modem Qualcomm. Dalam beberapa jam, Intel mengatakan akan keluar dari bisnis modem ponsel pintar.

Akuisisi Apple sebagian besar merupakan ke perusahaan yang jauh lebih kecil, menjadikan Intel menangani pembelian terbesar kedua setelah pembelian Beats Electronics senilai 3,2 miliar dolar AS pada tahun 2014.

Kesepakatan dengan Intel akan mendukung tujuan Apple untuk membuat chip modem sendiri. Dua dari saingan global terbesar Apple, Samsung Electronics Co Ltd dan Huawei, sudah memiliki kemampuan untuk memasok sendiri modem chip.

Aspek paling berharga dari kesepakatan Intel untuk Apple bisa berubah menjadi paten. Untuk menjual iPhone 5G, Apple harus melakukan kesepakatan dengan pemegang utama paten 5G, termasuk Nokia, Ericsson, Huawei dan Qualcomm. 

Apple melakukan perjanjian lisensi dengan Qualcomm, tetapi belum mengungkapkan apakah mereka memiliki kesepakatan dengan yang lain. Erick Robinson, pengacara paten yang telah bekerja di divisi lisensi Qualcomm di Asia, mengatakan paten tersebut dapat memberikan pengaruh yang lebih baik kepada Apple dalam pembicaraan lisensi.

"Saya tidak berpikir Intel memiliki cukup portofolio seperti yang dimiliki Qualcomm, tetapi mereka tentu memiliki portofolio yang cukup besar untuk memengaruhi penilaian ketika sampai pada kesepakatan lintas lisensi," katanya. "Ini akan menghemat (Apple) sejumlah besar perubahan dalam kesepakatan lintas lisensi." 

Let's block ads! (Why?)


https://www.republika.co.id/berita/ekonomi/bisnis-global/19/07/26/pv8oja370-apple-beli-bisnis-modem-intel-corp-senilai-1-miliar-dolar-as

2019-07-26 07:52:22Z
52781726025835

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Apple Beli Bisnis Modem Intel Corp Senilai 1 miliar dolar AS - Republika Online"

Post a Comment

Powered by Blogger.