Search

Fintech 'Diceraikan' Google, Huawei Dekati Rusia Soal OS Avrova 21 June 2019 17:53 WIB - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Rumor Huawei Technologies mempertimbangkan penggunaan operating system (OS) dari Rusia untuk menggantikan Google Android ternyata bukan isapan jempol belaka.

Raksasa teknologi China ini akan memulai pembicaraan dengan pejabat di Kementerian Komunikasi Rusia pada akhir 2019 atau awal 2020 tentang kemungkinan menggunakan OS Rusia Avrova, Kantor Berita RIA melaporkan mengutip seorang wakil menteri komunikasi Rusia, dikutip Reuters dan dilansir CNBC Indonesia, Jumat (21/6/2019).


Huawei memang mencoba untuk mencari OS alternatif karena mulai 19 Agustus 2019, Google Android tak akan mengirimkan update dan melisensi perangkat ponsel Huawei.


Huawei sudah mengonfirmasi mengembangkan OS mandiri. Rumornya akan menggunakan nama Hongmeng di China dan ARK untuk Eropa dan di beberapa negara. peluncuran pertama akan dilakukan di China.

'Diceraikan' Google, Huawei Dekati Rusia Soal OS AvrovaFoto: Huawei (REUTERS/Tyrone Siu)

Wakil Presiden Urusan Publik dan Komunikasi Huawei Technologies Andrew Williamson mengatakan Huawei 'sedang' mempersiapkan merek dagang Hongmeng, yang kemungkinan telah diluncurkan kepada 1 juta perangkat di China.

"Huawei sedang dalam proses meluncurkan pengganti [Android]," ujar Andrew Williamson. "Hal ini sebenarnya bukan sesuatu yang diinginkan Huawei. Kami sangat senang menjadi bagian dari keluarga Android, tetapi Hongmeng sedang diujicobakan, sebagian besar di Tiongkok. Saya percaya [Hongmeng] sudah diluncurkan ke lebih dari satu juta perangkat."


"Sepertinya kita akan mencoba untuk menempatkannya sebagai merek dagang," tambahnya.


Menurut Global Times, OS Huawei baru ini dikembangkan bersama dengan perwakilan Tencent, Oppo dan vivo. Mereka mengklaim bahwa OS-nya sekitar 60% lebih cepat daripada Android milik Google.


Alasan utama untuk peluncuran yang pertama kali dilakukan di China adalah bahwa OS tidak akan memenuhi persyaratan audiens Internasional, sehingga Huawei harus sedikit mundur pada peluncurannya.


Simak video tentang Huawei di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]

(roy/prm)

Let's block ads! (Why?)


https://www.cnbcindonesia.com/fintech/20190621173441-37-79938/diceraikan-google-huawei-dekati-rusia-soal-os-avrova

2019-06-21 10:53:48Z
52781671426137

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Fintech 'Diceraikan' Google, Huawei Dekati Rusia Soal OS Avrova 21 June 2019 17:53 WIB - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.