Search

Review Oppo F11 Jewelry White: Desain Mewah Bak Mutiara, Kamera Istimewa - Selular.ID

Jakarta, Selular.ID – Maret lalu, Oppo memboyong dua smartphone barunya dalam lini Oppo F11 series yang mencakup F11 dan F11 Pro. Oppo F11 Pro hadir lebih dulu di Indonesia di bulan Maret selang beberapa hari setelah peluncurannya. Sedangkan Oppo F11 baru tersedia di Indonesia pada April lalu.

Baik Oppo F11 dan F11 Pro mengusung kamera, performa dan daya tahan sebagai fitur andalan. Keduanya memiliki spesifikasi dan desain yang nyaris sama. Perbedaan mencolok terlihat pada desain kamera pada F11 dan F11 Pro.

Oppo F11 Pro mengusung desain kamera tersembunyi (pop-up camera) bernama Rising Camera. Sedangkan Oppo F11 masih mengadopsi desain waterdrop sebagai wadah kamera selfie.

Oppo F11 hadir dalam 3 varian warna yang meliputi Flourite Purple, Marble Green dan Jewelry White. Varian warna Jewelry White ini baru saja diluncurkan bulan Mei lalu. Sebelumnya Oppo F11 hanya tersedia dalam dua warna yakni Flourite Purple dan Marble Green.

Kali ini Redaksi Selular.ID me-review Oppo F11 warna Jewelry White dengan konfigurasi 4/128. Oppo F11 Jewelry White ini dipasarkan dengan harga yang sama seperti varian warna lain yakni Rp 3.999.000.

Desain

Balutan warna Jewelry White dipadukan material polycarbonate memberikan kesan mewah pada Oppo F11. Sebab warna Jewelry White terinspirasi dari mutiara. Jewelry White pada Oppo F11 mengusung gradasi warna putih dan biru.

Oppo F11 memiliki dimensi 162 x 76.1 x 8.3 mm dan bobot 188 g. Ketika digenggam ponsel ini masih terasa pas dan nyaman.

Layar 6,53 inci, notch waterdrop sebagai wadah kamera selfie 25MP dan speaker receiver terpampang di bagian depan ponsel ini. Kamera utama ganda beresolusi 48MP dan 5MP, LED Flash, sensor fingerprint dan logo Oppo disematkan di body belakang Oppo F11.

Tombol volume up dan down serta slot MicroSD dan SIM Card dijumpai di sisi kanan Oppo F11. Sedangkan di sisi kiri Oppo F11 ditemui tombol power.

Port micro USB 2.0, speaker, jack audio 3,5 mm dan lubang mic dibubuhi di bagian bawah Oppo F11. Sementara di bagian atas Oppo F11 hanya terdapat lubang mic saja.

Layar

Oppo F11 dibentangkan layar 6,53 inci berjenis IPS LCD dengan resolusi 2340 x 1080 (FHD+). Screen body to rasio nya mencapai 90.7%.

Ketika Redaksi Selular.ID mencoba bermain game dan menonton video dengan Oppo F11. Agar tambah nyaman, Anda dapat mengatur tingkat kecerahan layar pada Oppo F11 di menu setting.

Kamera Oppo F11

Oppo F11 dibubuhi kamera utama ganda beresolusi 48MP dan 5MP. Lensa utamanya Oppo F11 beresolusi 48MP. Sedangkan lensa keduanya menggunakan depth sensor.

OPPO F11 menggunakan sensor berbasis ISOCELL Bright GM1 dengan resolusi 48 MP. Sensor ini dilengkapi dengan ukuran ukuran photosite 0,8 mikrometer dan berbasis BSI (backside illuminated) yang dinamakan ISOCELL Plus. Melalui teknologi tetracell, Oppo F11 akan menganalisis dan menggabungkan data yang diperoleh dari empat piksel yang berdekatan untuk membuatnya setara dengan ukuran piksel tunggal 1,6μm.

Selanjutnya, teknologi ini akan melipatgandakan ukuran piksel foto sensitif, sehingga mampu mengabadikan foto potret yang lebih terang dan minim noise pada malam hari. Dalam kondisi cahaya yang sangat terang, sensor dapat menangkap gambar dengan resolusi tinggi sampai 48MP.

Saat kami mencoba foto menggunakan lensa utama Oppo F11, hasil fotonya tidak pecah ketika di zoom. Resolusi foto yang dihasilkan Oppo dengan lensa utama lebih besar.

Untuk mengaktifkan resolusi 48MP, Anda bisa mengakses menu setting di kamera. Kemudian pilih photo ratio 4:3 (48MP). Saat foto dalam kondisi minim cahaya, Anda juga dapat mengandalkan fitur ultra night mode melalui mode night pada kamera Oppo F11. Fitur ultra night mode mampu meningkatkan eksposur dalam kondisi minim cahaya.

Ketika kami mencoba fitur ultra night mode ini dalam kondisi minim cahaya ataupun malam hari, foto yang dihasilkan cenderung lebih terang. Noise yang dihasilkan lebih minim dibandingkan tidak menggunakan ultra night mode.

Untuk menggunakan mode ultra night mode, Anda hanya perlu menekan tombol kamera lalu tahan selama 4 detik untuk fokus ke objek foto. Usahakan objek foto tidak bergerak selama 4 detik, agar hasilnya optimal.

Mode Chroma Boost menghasilkan foto dengan perpaduan warna dan eksposur yang seimbang. Mode ini bekerja menggunakan algoritma AI. Chroma Boost dapat Anda aktifkan dan nonaktifkan melalui menu kamera utama.

Saat kami mencobanya, mode Chroma Boost ini mampu menyesuaikan warna objek dengan kondisi di sekitar. Misalnya ketika mengambil objek di outdoor.

Kami juga mencoba mode portrait dari kamera selfie maupun kamera utama Oppo F11 Pro. Efek bokeh yang dihasilkan cukup natural. Teknologi AI sangat berperan penting dalam mendeteksi background objek. Dukungan teknologi AI, sinergi multi-frame dan algoritma anti-shake, ultra night mode akan secara signifikan meningkatkan kualitas gambar dalam cahaya redup.

Sementara kamera selfienya berukuran 16MP. Kamera selfie ini didukung teknologi AI yang mampu mengidentifikasi ratusan titik wajah secara akurat. Teknologi ini mampu menghasilkan efek bokeh yang natural.

Sayangnya, Oppo F11 tidak didukung fitur wide angle. Untuk mensiasatinya, Anda bisa menggunakan mode pano pada kamera belakang maupun selfie. Fitur 2x zoom dan 1x zoom juga kembali hadir di Oppo F11.

Kamera seflie Oppo F11 beresolusi 16MP. Ketika kami selfie menggunakan Oppo F11, hasilnya cukup baik. Terutama dalam kondisi cahaya cukup. Untuk mensiasatinya, Anda bisa menggunakan LED Flash ketika selfie.

Disajikan menu beauty untuk mempercantik hasil foto selfie. Efek beauty yang dihasilkan pun masih alami.

Tampilan menu kamera belakang maupun selfie Oppo F11, cukup simpel. Untuk video, Anda bisa memilih mode video dan slow-mo.

Hardware dan Performa

Dapur pacunya, Oppo F11 diperkuat chipset Mediatek Helio P70 dengan prosesor Octa-core dan GPU Mali-G72 MP3. Oppo F11 ditopang RAM 4GB, ROM 128GB serta slot MicroSD hingga 256GB.

Untuk menguji perfforma ponsel ini, kami melakukan sejumlah tes seperti benchmark, bermain game dan uji audio. Benchmark yang kami gunakan adalah AnTuTu, PC Mark, 3D Mark dan Geekbench 4. Semua tes benchmark berhasil dilalui smartphone ini dengan mulus.

Di AnTuTu, Oppo F11 meraih skor 148853. Untuk tes PC Mark dan 3D Mark, Oppo F11 meraih skor 8004 untuk PC Mark dan 22193 untuk 3D Mark. Tes Geekbench, Oppo F11 meraih skor 1570 untuk Single-Core dan 5985 untuk Multi-Core.

Kami bermain game di smartphone tersebut yang memiliki kualitas grafis tinggi seperti PlayerUnknown’s Battlegrounds (PUBG), Arena of Valor (AoV), Mortal Kombat dan Iron Blade.

Semua game tersebut dilibas habis di Oppo F11. Untuk game PUBG, Oppo F11 hanya bisa menggunakan settingan grafis HD dengan Frame Rate High.

Selanjutnya, uji audio kami mendengarkan musik melalui aplikasi music player dan YouTube pada Oppo F11. Oppo F11 disertakan fitur Real HD Sound yang menghasilkan kualitas suara lebih baik saat mendengarkan musik. Real HD Sound hanya bisa diaktifkan jika menggunakan earphone.

Anda dapat menemukan pengaturan khusus di menu setting>Real Sound Technology. Anda bisa memilih Sound Equalizer seperti Pop, Rock, Metal, Dance, Jazz, Hiphop, Classical, Country, Blues, Electro. Tak hanya itu, Anda juga dapat kustomisasi equalizer sendiri. Kualitas suara yang dihasilkan Oppo F11 lebih bulat ketika menggunakan fitur Real Sound Technology.

Software dan Fitur

Oppo F11 berjalan dengan sistem operasi Android 9.0 Pie berbalut ColorOS 6.0. Tak banyak disertakan aplikasi bawaan Oppo. Aplikasi bawaan Google seperti Gmail, YouTube dan lainnya.

Oppo F11 memiliki fitur game space pada F11 sudah diperbarui dan ditingkatkan performanya. Seperti game space sebelumnya, fitur ini dapat meningkatkan performa ponsel, menghemat daya, menstabilkan jaringan dan lainnya.

Anda juga dapat menjawab dan menolak panggilan masuk ketika bermain game. Game favorit Anda juga bisa ditambahkan di fitur Game Space terbaru ini. Game dan aplikasi apapun dapat Anda tambahkan di Game Space.

Smartphone ini dilengkapi fitur asisten virtual yang dapat membantu Anda dalam aktifitas harian yakni Smart Assistant. Smart Assistant pada Oppo F11 dapat membantu Anda mengoperasikan ponsel. Smart Assistant menyuguhkan perkiraan cuaca, kalender, fitness tracker dan sebagainya.

Fitur keamanan seperti fingerprint dan face unlock disematkan di ponsel ini. Face unlock pada Oppo F11 cukup cepat dalam membuka smartphone dalam waktu di bawah 1 detik. Begitupun dengan sensor sidik jari pada dua smartphone ini cukup cepat dalam membuka kunci ponsel kurang dari 1 detik.

Daya tahan

Sumber energinya, Oppo F11 ditopang baterai berkapasitas 4020mAh. Dukungan fitur fast charging VOOC 3.0 pada F11 mampu mengisi ulang daya baterai dari kondisi 20% hingga full 100% dalam waktu sangat cepat dalam waktu 80 menit. Dalam kondisi di atas 20%, tentunya proses charging jauh lebih cepat sekitar 50 menit.

Dalam keadaan standby, Oppo F11 mampu bertahan hingga 1 hari 12 jam. Untuk penggunaan standar seperti email, jejaring sosial dan lainnya, Oppo F11 mampu bertahan kurang lebih seharian.

Ketika bermain game secara terus menerus, Oppo F11 bisa bertahan dalam 7 sampai 8 jam. Fitur AI Battery Management pada Oppo F11 juga mampu menghemat daya baterai ini.

Konektivitas

Oppo F11 disokong konektivitas Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, WiFi Direct, hotspot, Bluetooth 4.2 serta jaringan 2G/3G/4G. Untuk menguji jaringan, kami menggunakan aplikasi Speedtest besutan Ookla. Operator yang kami gunakan dalam uji jaringan ini sama yakni Indosat.

Di Speedtest, Oppo F11 meraih kecepatan download 41.2Mbps dan upload 16.2Mbps. Hasil uji jaringan yang dilakukan juga tergantung cuaca dan kondisi. Oppo F11 dilengkapi sebuah slot SIM Card dan MicroSD.

Kesimpulan

Dari segi desain, Oppo F11 terlihat lebih mewah dengan balutan warna Jewelry White. Layar Oppo F11 terasa nyaman saat bermain game dan menonton video. Foto yang dihasilkan Oppo F11 tajam dan detail serta komposisi warna yang dihasilkan pas.

Performa Oppo F11 terbilang optimal dari serangkaian tes yang dilakukan. Daya tahan Oppo F11 cukup irit dan proses charging lebih cepat. Dengan harga Rp 3.999.000, Oppo F11 cocok buat kalian yang hobi foto dan bermain game.

Let's block ads! (Why?)


https://selular.id/2019/05/review-oppo-f11-jewelry-white-desain-mewah-bak-mutiara-kamera-istimewa/

2019-05-29 10:00:00Z
52781636093516

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Review Oppo F11 Jewelry White: Desain Mewah Bak Mutiara, Kamera Istimewa - Selular.ID"

Post a Comment

Powered by Blogger.